Laman

Senin, 18 Juni 2012

5 Hal Menarik Drama The Moon That Embraces The Sun



Pada tanggal 15 Maret 2012, serial drama MBC The Moon That Embraces the Sun mengakhiri episode terakhir dengan rating permisa yang cukup besar yaitu 42,2%. MCB mencatat puncak rating tertinggi pada menit terakhir, meskipun sebagian penonton sudah menebak akhir cerita melalui novel aslinya, tapi para penonton masih penasaran melihat ketegangan cerita sampai tamat.

Selain peringkat penonton luar biasa, garis dialog, casting, dan bahkan hal-hal kecil dalam drama telah menjadi fokus diskusi yang membuktikan popularitas luar biasa dari drama ini. Ilgan Sport merangkum lima hal menarik dari The Moon That Embraces the Sun yang sudah memukau penoton selama selama 3 bulan tayang di stasiun televisi MBC.

1. Pesona Akting Kim Soo Hyun

Perhatian besar pertama dari The Moon That Embraces the Sun adalah penampilan aktor ganteng Kim Soo Hyun. Meskipun Kim Soo Hyun sebelumnya pernah tampil juga di Dream High 1 tahun 2011, tapi popularitasnya pada waktu itu jauh lebih kecil dari The Moon That Embraces the Sun. Dengan membintangi drama ini, popularitasnya meningkat 100%. Hampir semua penonton tidak akan melupakan, wajah-Nya yang elegan, imut dan ganteng terlihat lebih sempurna ketika memakai ikseongwan (topi kerajaan).

Meskipun ini peran pertamanya untuk drama kolosal, tetapi ia menunjukkan akting yang baik. Terbukti kesan mendalam diperoleh pemirsa saat kisah romantisnya dalam drama dimana ada adegan dia mengetahui bahwa Yeon Wo (Han Ga In) yang ia pikir telah meninggal 8 tahun lalu masih hidup, lalu dia terhuyung dan menangis, menjadi adegan klimaks yang membuat drama ini berkesan.

Berkat aktingnya tersebut Kim Soo Hyun sekarang sudah melampaui popularitas Hyun Bin di Secret Garden. Bahkan baru-baru ini, aktris Inggris Kaya Scodelario yang ia terpilih sebagai tipe idealnya menjadi kata kunci yang paling populer di Internet, semua kata kunci pencarian yang berkaitan dengan Kim Soo Hyun memiliki peringkat di atas. Penawaran dari industri periklanan terus menerus datang, dikabarkan Kim Soo Hyun telah menandatangani kontrak iklan lebih baik dari 10 dukungan, belum lagi ada lebih dari 10 script drama yang ditawarkan kepadanya untuk memilih sebagai proyek selanjutnya.

2. Adegan Klasik 


Serial drama populer pasti memiliki bagian adegan klasik yang mendalam dan akan di ingat penonton. Dari latar drama The Moon That Embraces the Sun memang sudah klasik seperti baju tradisional, rumah kayu, sepatu dan yang lainnya. Tetapi bukan itu yang dimaksud, melainkan adegan klasik yang mampu menyentuh perasaan orang yang menonton, atau yang akan diingat. Di serial drama The Moon That Embraces the Sun, banyak sekali garis klasik yang bisa meraih emosi penonton. Contoh, ketika adegan Raja Lee Hwon dan Yeon Woo berkata, Kau ingin aku melupakanmu? baik aku akan melupakanmu? Tapi maaf, aku ingin melupakanmu, tapi tak bisa melupakan! di iringi dengan suasana romantis yang bisa penonton nilai sendiri kesan adegan mereka. Dalam episode terakhir, ketika Lee Hwon bertanya kepada Yeon Woo, Siapa kamu? Yeon Woo menjawab, Hamba adalah wanita raja, dan juga merupakan ibu negara! 

3. Kinerja Baik dari Peran Pendukung

Peran anak-anak disuguhkan sebagai dasar alur cerita untuk drama ini. Kinerja Kim Yoo Jung, Yeo Jin Goo, Kim So Hyun, Lee Min Ho,  Lim Si Wan (ZE: A) dan aktor anak lainnya sangat baik di serial ini. Penonton sangat menimati kinerja mereka selama 6 episode pertama, sampai banyak dari mereka yang merasa kehilangan ketika peran anak harus selesai ketika melangkah ke episode 7.

Selain peran anak-anak, peran aktris Kim Min Seo yang pernah bermain di film I Love You juga memberi kesan terutama untuk para penggemarnya setelah 4 tahun debut. Kim Min Seo menunjukkan akting yang sangat baik dalam plot drama ketika adegan yang mengungkapkan bahwa istana memiliki jiwa Yeon Woo, sambil gemetar dan  menangis terisak-isak.

4. OST, Alat dan Elemen lain yang menarik pemirsa

Tema lagu dan alat peraga juga menjadi elemen lain yang menarik pemirsa The Moon That Embraces the Sun. OST berjudul Back In Timeyang dinyanyikan oleh Lyn Lee Se Jin terbukti mampu mengalahkan lagu-lagu populer lain dan berada di chart musik dengan popularitas tinggi. Belum lagi pada 13 Maret 2012, Kim Soo Hyun menyanyikan sendiri OST drama yang berjudul Only You One Person sehingga langsung menaikan grafik pencarian populer lagu OST drama The Moon That Embraces the Sun.

Dan menurut pihak produksi, dari hasil popularitas drama ini, ada barang yang memiliki penjualan baik di toko-toko, supermarket dan yang lainnya. Diantaranya chrysanthemum tea (Teh krisan) yang banyak diperlihatkan oleh Lee Hwon, kertas surat berbunga yang pernah dibuat oleh Yeon Woo untuk Lee Hwon, serta kerajinan tangan yang dibuat oleh Putri Bo Kyun. Biasanya, sulit untuk sebuah drama bisa memiliki pendapatan lebih dari penempatan produk pada tayangan mereka, tapi The Moon That Embraces the Sun berhasil dengan hal tersebut.

5. Bring a Lot of Money!


Sukses produksi benar-benar dirasakan oleh MBC. Pendapatan yang diperoleh  The Moon That Embraces the Sun hanya melalui iklan drama saja mencapai 13 miliar wons atau sekitar 11,5 juta dolar AS! Pendapatan untuk episode premier mencapai 8,6 miliar wons ($7,6 juta), untuk siaran ulangnya mencapai 2,6 miliar wons ($2,3 juta), pendapatan dari penjualan seperti yang disebutkan di point 4 di atas sebesar 0,8 miliar wons ($710 ribu), dan episode fitur khusus 1,1 miliar wons (sekitar $ 977,000).

Belum lagi hasil ekspor drama ke luar negeri, harga jual setiap episode The Moon That Embraces the Sun sebesar KRW $ 150 ($133.000), sehingga melalui hak cipta saja, penghasilan drama ini akan meningkat sekitar KRW $ 20 miliar (sekitar Rp $ 17.750.000) dikalikan berapa negara yang akan membeli hak cipta. Saat ini kontrak ekspor telah ditandatangani dengan Jepang, Thailand, Hong Kong, Singapura, Taiwan, Malaysia dan Indonesia (tebak tv mana yang akan memutar ulang? :D) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar